Minggu, 02 Juni 2013


PENUTUP
Kesimpulan
1.Proyek Pembangunan adalah suatu rangkaian proses kegiatan pembangunan dalam rangka mencapai tujuan membangun lingkungan binaan / arsitektur / bangunan, dimulai dari tahap perencanaan perancangan, tahap pelaksanaan konstruksi sampai selesainya pembangunan yang sesuai persyaratan dan memenuhi batasan mutu, waktu dan biaya yang ditentukan.Untuk lebih terbinanya kembali dan lebih terstandarisasi secara nasional, maka sudah dibentuk Asosiasi Tukang Bangunan (ATB).


2.Proyek pembangunan sudah melakukan SOP secara ketat, hanya saja temuan penulis ada sedikit kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu faktor ergonomik, yaitu ketika menggergaji terlalu bungkuk dan tidak menggunakan alas tangan.Selain itu tidak menggunakan masker ketika menyemen dan mengecat.
3.Setelah diadakan penelitian, penulis mendapatkan 13 (Tiga belas) tingkat risiko dari kegiatan proyek pembangunan. Dengan analisa semi kualitatif, didapatkan skor tertinggi 20 dari maksimum 26 yang disebabkan oleh hazard faktor biologi (virus, bakteri, jamur) dengan tafsiran probabilitasnya hampir pasti terjadi dan pengaruhnya serius. Kemudian skor minimal adalah 4 dari faktor psikologi khususnya darilamanya waktu bekerja, yaitu jam kerja yang panjang dan terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar