Minggu, 02 Juni 2013


RANCANGAN USAHA BERKAITAN DENGAN PLH
Bidang Usaha
yaitu menjadi owner pada bisnis penanaman obat-obatan herbal (Apotek Hidup) yang dilakukan sekota Pekanbaru.Dalam rangka berwirausaha sekaligus menjalankan program lingkungan hidup pemerintah kota.


Mekanisme/Tahap Kerja
A.Persiapan
*      Membuat Proposal tentang penanaman tanaman herbal seperti kunyit,jahe, kencur, kumis kucing, dan lain-lain.
*      Mengantarkan proposal kepada bapak Wali Kota Pekanbaru
*      Meminta surat izin penanaman tanaman herbal(apotek hidup) sekota Pekanbaru
*      Mengedarkan surat penanaman obat herbal di tingkat walikota ke kecamatan kemudian ke tingkat kelurahan, lalu ke tingkat RW dan di tingkat RT.Sete-lah itu diserahkan kepada tiap KK yang ada di kota Pekanbaru sesuai dengan regulasi dari pemerintah.
B.Kegiatan Sosialisasi
          Kegiatan sosialisasi bertujuan memberitahukan kepada masyarakat menge- nai pentingnya menanam tanaman obat herbal di rumah masing-masing.Karena banyak memiliki manfaat.Kegiatan sosialisasi sebagai pembelajaran tentang pro- sedur untuk melaksanakan kegiatan tersebut.Dengan sosialisasi kita juga bisa me- ngetahui apa yang menjadi tugas di dalam mengembangkan lingkungan hidup, khususnya tentang tanaman herbal ini.Dengan adanya prosedur diharapkan tidak terjadi kesalahan di dalam bekerja.
C.Pembentukan Kelompok Kerja
Kelompok kerja dibentuk agar pekerjaan yang dilakukan lebih terorganisir dan teratur.Sehingga pekerja mengetahui tugas, kewajiban dan wewenangnya masing-masing.Membentuk kelompok kerja juga dapat mempercepat proses kegiatan  sehingga beban yang berat menjadi ringan dan dicapai tujuan yang satu.Masing-masing pekerja memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, dan semua keahlian itu diperlukan untuk menunjang kegiatan ini.
D.Pembelian Bibit, Pupuk dan Alat-alat
          Pembelian bibit,pupuk dan alat-alat merupakan modal utama dan pertama karena memang dibutuhkan di dalam proses kegiatan.Pembelian bibit, pupuk, dan alat alat bukanlah hal yang mudah, karena kita harus pandai memilih alat dan ba- han yang bagus dan bermutu dengan harga yang tidak terlalu mahal,bibit selain modal pertama juga akan digunakan untuk modal selanjutnya.
E. Penggemburan tanah dan keadaan tanah
          Sebelum menanam tanaman kita harus menggemburkan tanah agar tanaman tumbuh subur.Keadaan tanah juga harus diperhatikan, sebaiknya pilih tanah lapisan tanah atas (tanah humus) karena lebih subur.Pilihlah panah yang cukup air (tidak kekeringan dan tidak terlalu basah).Kontur tanah juga harus diperhatikan, letak tanaman dan ketingian tanah menentukan jenis tanaman yang sesuai dengan ketinggian dari tinggi dan kontur tanah tersebut.
F. Penanaman
          Penanaman dapat dilakukan setelah situasi menanam telah memenuhi syarat.Penanaman dapat dilakukan dengan baik apabila bibit tanaman ditanam tidak terlalu dalam dan tidak terlalu ke permukaan.Setelah menanam alangkah baiknya disirami,diberi pupuk dan tanah digemburkan.
G. Perawatan
          Tanaman yang baik adalah tanaman yang mendapat perawatan yang rutin. Perawatan dapat dilakukan secara berkala untuk menjagakondisi tanaman agar dapat bertahan.Tumbuhan juga membutuhkan nutrisi untuk tetap tumbuh.Untuk itulah perawatan dapat dilakukan dengan memberi nutrisi yang cukup.Misalnya, memberi pupuk dan air tidak berlebihan agar tanaman tidak layu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar